TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10315 UR - http://digilib.unila.ac.id/10315/ A1 - IKA NURUL SANNAH, 1113023030 Y1 - 2015/06/05/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan lembar kerja siswa dengan model discovery learning pada materi teori atom Bohr yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) menurut Sugiyono. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu : mencari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk secara terbatas, merevisi produk sesuai saran yang didapatkan pada uji coba terbatas kemudian melakukan uji keterlaksanaan produk di SMA Negeri 1 Kalianda pada kelas X MIA 4 yang berjumlah 39 siswa. LKS yang dikembangkan memiliki tahapan yang disesuaikan dengan model discovery learning. Terdapat enam tahapan model discovery learning yakni stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Kevalidan LKS hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Kepraktisan diukur berdasarkan penilaian guru dan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan, respon siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan, dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan LKS dalam pembelajaran. Keefektifan diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan syarat siswa yang tuntas jumlahnya lebih besar atau sama dengan 85 % dari jumlah siswa yang ada di kelas tersebut. Berdasarkan hasil penilaian validator terhadap LKS hasil pengembangan dengan kategori sangat tinggi, maka LKS dinyatakan valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji coba terbatas, LKS yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor jawaban guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan dengan kategori sangat tinggi; skor jawaban siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan dengan kategori sangat tinggi; respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan dengan kategori sangat tinggi, maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan praktis. Berdasarkan ketuntasan klasikal setelah pembelajaran dengan LKS yang lebih dari 85% maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan efektif. Kata kunci : lembar kerja siswa, pendekatan saintifik, discovery learning, teori atom Bohr Ika Nurul Sannah PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEORI ATOM BOHR AV - restricted ER -