%0 Generic %9 Other %A KETUT SUTAMIATI, 1113023034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10316 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MENGGUNAKAN MODEL SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA %U http://digilib.unila.ac.id/10316/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan LKS berbasis multipel representasi dengan menggunakan model SiMaYang Tipe II pada larutan asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan subyek penelitian yaitu LKS berbasis multipel representasi dengan menggunakan model SiMaYang Tipe II. Penyusunan LKS dimulai dari studi pendahuluan yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan, selanjutnya dilakukan validasi ahli oleh tiga dosen ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan kemudian diperoleh draft LKS I hasil revisi, setelah itu dikembalikan ke validator dan didapatkan draft LKS II hasil revisi. Selanjutnya draft LKS II hasil revisi dilakukan uji coba terbatas untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan LKS, yang selanjutnya diperoleh produk LKS hasil revisi sesuai uji coba terbatas. Kepraktisan LKS dilihat dari hasil keterlaksanaan, penilaian guru, dan respon siswa. Keefektivan LKS dapat dilihat dari hasil penilaian aktivitas siswa, efikasi diri, dan peningkatan penguasaan konsep. Hasil penilaian menunjukkan bahwa kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan LKS berbasis multipel representasi menggunakan model SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep asam basa berkategori sangat tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah LKS berbasis multipel representasi menggunakan model SiMaYang Tipe II pada materi larutan asam basa layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep. Kata Kunci : LKS, multipel representasi, SiMaYang Tipe II, larutan asam basa.