%A 1113023006 Delfi Afdila %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang terdiri dari 6 kelas pada semester genap tahun 2014-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 6. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, penilaian kemampuan guru, dan aktivitas siswa. Keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit. Peningkatan efikasi diri sebelum dan sesudah pembelajaran diukur dengan menggunakan Delfi Afdila angket. Rata-rata efikasi diri ketiga kelas sebelum pembelajaran berkategori tinggi dan mengalami peningkatan sesudah pembelajaran menjadi berkategori sangat tinggi bagi ketiga kelas. Peningkatan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit diukur dengan rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, penilaian kemampuan guru, dan aktivitas siswa bagi ketiga kelas berkategori sangat tinggi, sementara respon siswa berkategori tinggi dan sangat tinggi. Keefektivan model pembelajaran tersebut yang diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri bagi ketiga kelas berkategori sangat tinggi dan n-Gain X MIA 1 dan X MIA 6 berkategori tinggi, sementara n-Gain X MIA 2 berkategori sedang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi praktis dan efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, larutan elektrolit dan non-elektrolit, SiMaYang Tipe II %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10317