title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Divisions (STAD) MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN OLEH SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2012/2013) creator: Erwidiansyah Tavip , NADIA ANANDINA ARTA subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD melalui media video dalam peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah tes awal-tes akhir tak equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 8 dan X 9 yang ditetapkan secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan program SPSS 16, dan data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas belajar siswa dengan menghitung rata–rata skor aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (eksperimen = 80,49; kontrol = 77,93). Selain itu, rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 71,35; kontrol = 48,95). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media video berpengaruh tidak secara signifikan dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi Pencemaran Lingkungan oleh siswa. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif STAD, penguasaan materi, Pencemaran Lingkungan, media video, aktivitas belajar siswa publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-09-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1032/13/LAMPIRAN.zip identifier: Erwidiansyah Tavip , NADIA ANANDINA ARTA (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Divisions (STAD) MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN OLEH SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1032/