TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10324 UR - http://digilib.unila.ac.id/10324/ A1 - Shelvina Elvira, 1113041061 Y1 - 2015/05/27/ N2 - Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh berdasarkan perencanaan (RPP), pelaksanaan (aktivitas guru dan aktivitas siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru bidang studi bahasa Indonesia dengan mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ditemukan bahwa beberapa kegiatan guru telah memenuhi konsep pembelajaran kurikulum 2013, yakni telah dilakukannya kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi, terlihat guru hanya menilai aspek pengetahuan saja, yakni siswa diberi tugas menyusun teks eskplanasi secara individu. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -