@misc{eprints10329, month = {Juni}, title = {LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MENGGUNAKAN MODEL SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT}, author = {1113023032 INA PUTRIZAL}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10329/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas (kelayakan), kepraktisan, dan keefektivan LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan subyek penelitian yaitu LKS berbasis multipel representasi. Penyusunan LKS dimulai dari studi pendahuluan yang terdiri dari studi literatur, analisis kurikulum, dan studi lapangan. Kelayakan LKS dapat diukur dari hasil validasi ahli. Draft LKS 1 divalidasi oleh tiga dosen ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Kemudian draft LKS 1 direvisi sesuai dengan saran validator, lalu meminta persetujuan perbaikan dari validator dan diperoleh draft LKS 2. Draft LKS 2 diuji coba terbatas untuk menguji kepraktisan dan keefektivan. Kepraktisan LKS dapat dilihat dari keterlaksanaan LKS, penilaian guru, dan respon siswa. Keefektivan LKS dapat dilihat dari aktivitas siswa, efikasi diri, dan penguasaan konsep. Selanjutnya draft LKS 2 direvisi sesuai dengan hasil uji coba terbatas dan diperoleh produk LKS. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelayakan dan kepraktisan LKS berbasis multipel representasi menggunakan model SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit berkategori ?sangat tinggi?. Keefektivan LKS berbasis multipel representasi menggunakan model SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit berkategori ?tinggi?. Kesimpulan yang diperoleh bahwa LKS berbasis multipel representasi menggunakan model SiMaYang Tipe II valid (layak), praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep. Kata Kunci: LKS, multipel representasi, SiMaYang Tipe II, efikasi diri, penguasaan konsep, larutan elektrolit dan non-elektrolit.} }