TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10336 UR - http://digilib.unila.ac.id/10336/ A1 - Vera Hidaya, 0913021072 Y1 - 2015/04/22/ N2 - Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dipicu oleh beberapa faktor antara lain penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat. Dua tipe pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe GI dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam enam kelas, dengan sampel kelas VIII D dan VIII E yang diperoleh melalui teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe STAD di SMP Negeri 2 Adiluwih Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : GI, pemecahan masalah matematis, STAD. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -