@misc{eprints1034, month = {September}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Punduh Pedada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013) }, author = {RETNA AYU UTARI Rustam Efendi (Alm) }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1034/}, abstract = { Hasil observasi dan diskusi dengan guru Biologi kelas VII di SMP Negeri 1 Punduh Pedada, diketahui bahwa selama ini guru kurang memperhatikan interaksi atau umpan balik dari siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa yang dapat berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan penguasaan konsep oleh siswa. Salah satu alternatif yang dilakukan yaitu penggunaan model pembelajaran examples non examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examplesaktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sampling. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa yang dianalisis dengan klasifikasi indeks aktivitas dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran examples non examplesmeningkatkan aktivitas belajar siswadenganpersentase rata-ratasebesar 85,41\%. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (47,34{$\pm$}9,83); postes (53,90{$\pm$}11,48); dan N-gain (12,45{$\pm$} 20,97). Hasil analisis rata-rata N-gain setiap indikator penguasaan konsep pada C1 rata-ratanya sebesar 22,57{$\pm$} 28,37dan C2 sebesar 3,65{$\pm$}38,42. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran examples non example. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran examples non examplesdapatmeningkatkan aktivitasbelajardanpenguasaankonsepolehsiswa. Kata kunci: Model pembelajaran examples non examples, aktivitas belajar siswa, penguasaan konsep siswa, klasifikasi makhluk hidup. } }