%A 1013137017 Nurul Hidayah %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG MAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model kooperatif tipe STAD siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Mas Kabupaten Lampung Timur. Metode Penelitian dilakukan dalam penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian aktivitas siswa pada siklus 1 52,83% pada siklus II mengalami peningkatan 9,27%. Hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas Pada siklus II siswa tuntas sebesar 78,26% dan yang tidak tuntas sebesar 21,73%. peningkatan sebesar 21,74%. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10341