title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SIMAYANG TIPE II DALAM MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA SISWA creator: Siti Hasanah, 1113023060 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa, serta mendeskripsikan karakteristik model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa setelah menerapkan pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara sampel total. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA1, XI IPA2, dan XI IPA3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun ajaran 2014-2015 sebagai kelas replikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, dan analisis data dilakukan secara deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis multipel representasi SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektivan yang tinggi dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis data keterlaksanaan RPP, respon siswa terhadap pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran pada ketiga kelas replikasi masing- masing dengan kategori “sangat tinggi,” serta model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa ketiga kelas replikasi mengalami peningkatan. Model mental siswa yang awalnya didominasi oleh kriteria “sangat buruk,” “buruk,” dan “sedang” menjadi didominasi oleh kriteria “sedang,” “baik,” dan “sangat baik.” Rata-rata skor n-Gain baik model mental maupun penguasaan konsep asam basa siswa ketiga kelas replikasi memperoleh pencapaian dengan kriteria n-Gain “tinggi” dan “sedang.” Kata kunci: asam basa, keefektivan, kepraktisan, model pembelajaran SiMaYang Tipe II. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-06-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/3/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/8/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10357/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Siti Hasanah, 1113023060 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SIMAYANG TIPE II DALAM MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/10357/