%0 Generic %9 Other %A Sabila Izzati, 1113023058 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10358 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA %U http://digilib.unila.ac.id/10358/ %X ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA Oleh SABILA IZZATI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan mo-del pembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi larutan asam basa. Populasi da-lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, obser-vasi penilaian guru dan aktivitas siswa. Keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri siswa dan pengua-saan konsep, dimana peningkatan efikasi diri ditunjukkan dari hasil rata-rata angket efikasi yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran dan peningkatan penguasaan konsep ditunjukkan berdasarkan nilai n-Gain yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan model pem-belajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada ketiga kelas yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP berkategori sangat tinggi, respon siswa berkategori tinggi dan sangat tinggi, observasi penilaian guru berkategori sangat tinggi, dan aktivitas siswa berkategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada ketiga kelas yang diukur berdasarkan rata-rata efikasi diri terjadi peningkatan di akhir pembelajaran dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata n-Gain untuk kelas XI MIA 1 berkategori tinggi, untuk kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SiMaYang tipe II berbasis multipel representasi pada materi asam basa dikatakan praktis dan efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep. Kata kunci: model SiMaYang Tipe II, pembelajaran berbasis multipel represen-tasi, larutan asam basa, observasi penilaian guru, keterlaksanaan RPP, respon siswa, aktivitas siswa, penguasaan konsep, efikasi diri.