title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013) creator: Makmun , SEPTA TRISMANITA subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 2 Kotaagung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran GI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non- equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 dan X 3 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata- rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran GI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif GI berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,16); aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (80,46); aspek mengajukan pertanyaan sebesar (65,52); dan aspek membuat kesimpulan sebesar (77,01). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar (47,59); nilai postes (77,76); dan N-gain (56,91). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model GI. Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dengan model pembelajaran GI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model GI berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : GI, aktivitas belajar, hasil belajar, pencemaran dan pelestarian lingkungan. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-08-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/2/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/5/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1036/13/LAMPIRAN.zip identifier: Makmun , SEPTA TRISMANITA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1036/