%0 Generic %A Yulisa, 1113021074 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10360 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T Analisis Deskriptif Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran (2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/10360/ %X Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yang bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMPN 22 Bandarlampung semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini angket dan wawancara berfungsi untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa, serta untuk memperkuat informasi yang diperoleh dari lembar catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu koding data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual dapat memunculkan disposisi berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Disposisi Berpikir Kritis, Metode Socrates, dan Pendekatan Kontekstual