creators_name: Debi Apriyani, 1113053024 creators_id: debi.allibye@gmail.com type: other datestamp: 2015-06-25 01:50:20 lastmod: 2015-06-25 01:50:20 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVC SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: B subjects: General subjects: LC full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVC SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh DEBI APRIYANI Masalah dalam penelitisn ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dari jumlah 25 orang siswa masih terdapat 13 orang siswa belum mencapai KKM yaitu ≥66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang tediri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,68 dan pada siklus II 75,10 mengalami peningkatan sebesar 6,42. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I 64% kategori “sedang” menjadi 80% kategori “tinggi” pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16%. Hasil belajar afektif siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 61,25 kategori “mulai terlihat” dan pada siklus II 76,00 kategori “mulai berkembang” mengalami peningkatan sebesar 14,75. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa siklus I 60% dan pada siklus II 80% mengalami peningkatan sebesar 20%. Sedangkan hasil belajar psikomotor siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,65 kategori “cukup terampil” dan pada siklus II 71,70 kategori “terampil” mengalami peningkatan sebesar 9,05. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa siklus I 58% dan pada siklus II 78% mengalami peningkatan sebesar 20%. Kata kunci: hasil belajar, model group investigation date: 2015-06-03 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Debi Apriyani, 1113053024 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVC SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/112/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/19/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10378/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf