TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1039 UR - http://digilib.unila.ac.id/1039/ A1 - Sahri, Yurnalis Y1 - 2013/08/29/ N2 - Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VII SMP Nergeri 20 Bandar Lampung, diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode/model pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan ketrampilan berpikir kritisnya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu dengan LKS yang dipadukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan LKS Berbasis PBL dalam terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII D dan VII E yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 16. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan berpikir kritis siswa, dan data aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKS model PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai pretes (24,42), postes (71,79), dan N-gain (62,55). Indikator kemampuan berpikir kritis dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model PBL yakni indikator memberikan argumen dan melakukan induksi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model PBL juga mengalami peningkatan dari pertemuan I dengan rata-rata 56,45 meningkat pada pertemuan II dengan rata-rata 80,32. Aspek mengemukakan ide/gagasan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria baik yang dicapai siswa yang menggunakan LKS Berbasis PBL. Dengan demikian, penerapan LKS Berbasis PBL efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis oleh siswa. Kata kunci : LKS, Problem Based Learning (PBL), keterampilan berikir kritis, aktivitas belajar, dan ciri-ciri makhluk hidup. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -