%A 1113053074 Ni Luh Leni D %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA dan belum menerapkan model pembelajaran khususnya model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SD Negeri 2 kampung Baru Bandar Lampung. Pembelajaran pada umumnya berpusat pada guru dan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas. VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample Tes pada taraf signifikansi 5% (sig = 0,05). Hasil perhitungan menunjukan hasil t sebesar 4,144 dengan tingkat signifikan lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Kampung Baru Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, dan Hasil Belajar IPA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints10394