@misc{eprints10395, month = {Juni}, title = {PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUCTURE DYADIC METHODS (SDM) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA}, author = {1113031062 Rini Ariyani}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10395/}, abstract = { Tujuan penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar Ekonomi dengan model pembelajaran kooperatif Structure Dyadic Methods dan Group Investigation dengan memperhatikan kemampuan berkomunikasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Way Tenong. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi sebanyak 251 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 59 siswa (2 kelas) yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Terdapat perbedan hasil belajar Ekonomi antara siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structure Dyadic Methods dan tipe Group Investigation. (2) Hasil belajar Ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi tinggi yang pembelajarannya menggunakan model Structure Dyadic Methods lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation. (3) Hasil belajar Ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi rendah yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model Structure Dyadic Methods. (4) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampua berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Kata kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berkomunikasi, SDM, GI.} }