@misc{eprints10396, month = {Juni}, title = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI FLUIDA STATIS DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING}, author = {1113022051 Rizki Mirantika}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10396/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran fisika dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi fluida statis, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan, yang diawali dengan analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan pembelajaran, selanjutnya merumuskan butir-butir materi dan alat ukur keberhasilan, serta menyusun naskah awal untuk memproduksi prototipe I. Prototipe I kemudian dievaluasi oleh ahli materi dan desain, dilanjutkan dengan uji satu lawan satu dan direvisi menjadi naskah akhir, sehingga menghasilkan prototipe II. Sebelum dihasilkan produk final, terlebih dahulu produk diuji di lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada 41 siswa kelas XI IPA IV. Hasil uji produk menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki nilai kemenarikan dengan skor 3,35 (sangat menarik), kemudahan dengan skor 3,33 (sangat mudah), dan kemanfaatan dengan skor 3,34 (sangat bermanfaat). Tingkat keefektifan modul pembelajaran dengan strategi inkuiri terbimbing materi fluida ststis yaitu sebanyak 78,00\% telah mencapai KKM. Kata kunci: modul, fluida statis, inkuiri terbimbing.} }