?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+MULTIMEDIA+INTERAKTIF+BERBASIS+PENDEKATAN+SAINTIFIK+PADA+MATERI+CAHAYA&rft.creator=Ummu+Madinah%2C+1113022065&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=%0D%0ASetelah+melakukan+penelitian+pendahuluan+di+SMP+Negeri+22+Bandar+Lampung+yang+dilakukan+secara+langsung+berupa+wawancara+dan+pengisian+angket+dapat+diketahui+bahwa+guru+masih+menggunakan+metode+ceramah+konvensional+tanpa+memanfaatkan+media+pembelajaran+yang+ada+karena+terbatasnya+waktu+praktikum.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+(1)+menghasilkan+Multimedia+Interaktif+menggunakan+Macromedia+flash+untuk+SMP%2FMTs+pada+materi+Cahaya+yang+sesuai+dengan+pendekatan+saintifik+dan+(2)+mengungkapkan+kemenarikan+dan+keefektifan+Multimedia+Interaktif+materi+Cahaya+di+SMP+Negeri+22+Bandar+Lampung+yang+dikembangkan+sebagai+suatu+sumber+belajar.+Hasil+yang+diperoleh+dari+penelitian+yang+dilakukan+adalah+(1)+multimedia+interaktif+berbasis+pendekatan+saintifik+pada+materi+cahaya+untuk+SMP%2FMTs+menggunakan+Macromedia+flash%3B+(2)+berdasarkan+hasil+kuisioner+multimedia+interaktif+yang+dikembangkan+dikategorikan+sangat+menarik+dengan+perolehan+skor+3%2C39%2C+sangat+mudah+digunakan+dengan+perolehan+skor+3%2C37%2C+bermanfaat+dengan+perolehan+skor+3%2C16%2C+dan+(3)+multimedia+interaktif+yang+dikembangkan+efektif+sebagai+suatu+sumber+belajar+dilihat+dari+hasil+belajar+siswa+lebih+dari+75%25+siswa+telah+tuntas%0D%0AUmmu+Madinah%0D%0AKKM.+Berdasarkan+hasil+belajar+untuk+nilai+post+test+Pemantulan+Cahaya+diperoleh+nilai+skor+rata-rata+87%2C50+dan+dari+28+siswa+85%2C7%25+siswa+telah+mencapai+KKM.+Sedangkan+untuk+nilai+post+test+Pembiasan+Cahaya+diperoleh+nilai+skor+rata-rata+81%2C42+dan+dari+28+siswa+78%2C5%25+siswa+telah+mencapai+KKM.+Jika+dibandingkan%2C+nilai+pretest+dan+post+test+memperoleh+kenaikan+yang+signifikan+yaitu+sebesar+44%2C29%25+untuk+Pemantulan+Cahaya+dan+43%2C57%25+untuk+Pembiasan+Cahaya.+Kelebihan+dari+multimedia+interaktif+yang+dikembangkan+adalah+penggunaannya+yang+praktis+dengan+format+CD+sehingga+dapat+dimuat+di+semua+jenis+perangkat+komputer%2C+sajiannya+yang+interaktif%2C+dan+menampilkan+fenomena-fenomena+fisika+yang+sulit+untuk+diamati+secara+langsung.+Kesimpulan+dari+penelitian+ini+adalah+dihasilkan+multimedia+interaktif+menggunakan+Macromedia+flash+untuk+SMP%2FMTs+pada+materi+Cahaya+yang+sesuai+dengan+pendekatan+saintifik+dimana+multimedia+interaktif+yang+dikembangkan+dikategorikan+sangat+menarik%2C+sangat+mudah+digunakan%2C+bermanfaat+dan+efektif+sebagai+suatu+sumber+belajar.%0D%0AKata+kunci%3A+multimedia+interaktif%2C+pendekatan+saintifik%2C+pengembangan%2C+cahaya&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-06-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F12%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Ummu+Madinah%2C+1113022065++(2015)+PENGEMBANGAN+MULTIMEDIA+INTERAKTIF+BERBASIS+PENDEKATAN+SAINTIFIK+PADA+MATERI+CAHAYA.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10398%2F