%0 Generic %A Abdullah Nabhan, Dian Tiara Wulandari %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1040 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN LEMBAR PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN) BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LISTRIK DINAMIS %U http://digilib.unila.ac.id/1040/ %X Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen berbasis keterampilan berpikir kritis (KBK) pada materi listrik dinamis berupa soal tes essay. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari enam tahap pengembangan yaitu: tahap analisis kebutuhan produk yang dikembangkan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi ahli, tahap revisi, tahap uji coba terbatas, tahap revisi produk dan tahap penyempurnaan produk. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika kelas X dan siswa-siswi kelas X SMA Al-Azhar 8 3 Bandar Lampung. Instrumen penilaian yang dikembangkan diujicobakan pada skala kecil (terbatas). Subjek pengembangan ini adalah asesmen berbasis KBK pada materi listrik dinamis. Hasil uji coba terbatas adalah asesmen berbasis KBK pada materi listrik dinamis yaitu berdasarkan aspek kesesuaian, asesmen berbasis KBK ini sudah sesuai dengan SK-KD serta dapat mengukur indikator-indikator KBK siswa. Asesmen berbasis KBK ini memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi. Asesmen berbasis KBK ini memiliki tingkat keterbacaan yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian guru maka asesmen berbasis KBK pada materi listrik dinamis layak digunakan. Ini artinya asesmen penilaian yang dibuat telah sesuai dengan tujuan pengembangan instrumen penilaian. Kata Kunci : asesmen, soal tes, listrik dinamis, KBK