%0 Generic %9 Other %A Bayu Imadul Bilad , 1113021016 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10403 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MOEDEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/10403/ %X Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan post-test only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 1 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2014/2015. Melalui purposive random sampling terpilih siswa kelas VIII.C dan VIII.D sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model PBL tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa namun lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: konvensinal, pemahaman konsep matematis, Problem Based Learning