%0 Generic %A Zulkarnain , HESTY PRILITA Z. %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1042 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS %U http://digilib.unila.ac.id/1042/ %X Sewaktu siswa mempelajari fisika, siswa dituntut untuk menguasai representasi- representasi berbeda seperti percobaan, grafik, konseptual/keterangan lisan, rumus, serta gambar atau diagram secara bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembuatan modul pembelajaran yang dapat menyajikan pembelajaran fisika dalam beberapa representasi yaitu modul berbasis multi representasi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan media instruksional yang diadaptasi dari Suyanto dan Sartinem (2009). Desain tersebut meliputi tujuh tahapan prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu: analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, pengembangan produk, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk oleh pengguna dan tahap terakhir produksi. Hasil uji internal menunjukan media telah sesuai dengan teori dan layak digunkan sebagai sumber belajar. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa modul berbasis multi representasi memiliki kualitas menarik, mudah digunakan dan bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 76,6% siswa tuntas KKM. Jadi, dapat disimulkan bahwa modul berbasis multi representasi yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat, serta dinyatakan keefektifannya sebagi media pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul berbasis multi representasi pada materi listrik dinamis. Kata kunci: modul berbasis multi representasi