%0 Generic %A Eka Handayani, 1113109005 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10430 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJARMELALUIMODELPEMBELAJARANKOOPERATIFTIPE STADSISWA KELASIV SEKOLAHDASAR NEGERI2NEGARASAKAKECAMATANNEGERI KATONKABUPATENPESAWARAN %U http://digilib.unila.ac.id/10430/ %X BerdasarkanobservasiawaldiSDN2NegarasakadalampembelajarandiketahuiaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVmasihrendahdanmasihbanyakyangdibawahKKM.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajardenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipe STAD. MetodepenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas,yangterdiridariduasiklus,setiapsiklusterdiridaritahapanperencanaan,pelaksanaan,observasi,danrefleksi.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasidantes.PengumpulandatamenggunakaninstrumenberupalembarpengamatanaktivitassiswamelaluimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD,kinerjagurupadaprosespembelajaran,untukmengetahuihasilbelajarmenggunakantesdenganteknikdatakualitatifdan datakuantitatif. HasilpenelitianmenunjukanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.HaliniditunjukandatadimanapadasiklusIaktivitasbelajarsiswadengannilai52kategorikurangaktifdanpadasiklusIImenjadi83kategorisangataktif.KetuntasanhasilbelajarpadasiklusI45%mrningkat 45%menjadi 90% padasiklusII. KataKunci:Aktivitas,HasilBelajar, STAD