TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10430 UR - http://digilib.unila.ac.id/10430/ A1 - Eka Handayani, 1113109005 Y1 - 2015/01/16/ N2 - BerdasarkanobservasiawaldiSDN2NegarasakadalampembelajarandiketahuiaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVmasihrendahdanmasihbanyakyangdibawahKKM.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajardenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipe STAD. MetodepenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas,yangterdiridariduasiklus,setiapsiklusterdiridaritahapanperencanaan,pelaksanaan,observasi,danrefleksi.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasidantes.PengumpulandatamenggunakaninstrumenberupalembarpengamatanaktivitassiswamelaluimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD,kinerjagurupadaprosespembelajaran,untukmengetahuihasilbelajarmenggunakantesdenganteknikdatakualitatifdan datakuantitatif. HasilpenelitianmenunjukanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.HaliniditunjukandatadimanapadasiklusIaktivitasbelajarsiswadengannilai52kategorikurangaktifdanpadasiklusIImenjadi83kategorisangataktif.KetuntasanhasilbelajarpadasiklusI45%mrningkat 45%menjadi 90% padasiklusII. KataKunci:Aktivitas,HasilBelajar, STAD PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJARMELALUIMODELPEMBELAJARANKOOPERATIFTIPE STADSISWA KELASIV SEKOLAHDASAR NEGERI2NEGARASAKAKECAMATANNEGERI KATONKABUPATENPESAWARAN AV - restricted ER -