TY - UNPB CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10434 UR - http://digilib.unila.ac.id/10434/ A1 - Risa Novinda, 1113053095 Y1 - 2015/06/08/ N2 - ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pringsewu Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berada di SD Negeri 2 Pringsewu Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Selanjutnya teknik pengambilan sampel adalah Sampling Purposive, dimana sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan juga sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,794 atau 79,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pringsewu Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci: Pembelajaran STAD, Prestasi Belajar IPS. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR AV - restricted ER -