TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10436 UR - http://digilib.unila.ac.id/10436/ A1 - RIA WAHYU PERTIWI, 1113137023 Y1 - 2015/05/04/ N2 - ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan guru IPS SD Negeri 6 Metro Utara, banyaknya pemahaman yang kurang terhadap materi dalam pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan masih terpusatnya pembelajaran IPS pada guru (teacher center), pembelajaran IPS masih terpaku pada buku pembelajaran dan belum maksimalnya penggunaan media gambar. Sehingga menyebabkan rendahnya partisipasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada kelas V SD Negeri 6 Metro Utara Tahun 2014/2015 dengan menggunakan media gambar dan model CTL Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan 4. Refleksi.. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dengan model CTL pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata partisipasi siswa pada siklus I adalah 58,76, siklus II sebesar 65,42 dan siklus III 75,52 masuk dalam kriteria baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 41,67, siklus II sebesar 69,65 dan siklus III 74,17 dengan kriteria baik. Diperoleh ketuntasan pada siklus I sebanyak 46,67%, siklus II sebanyak 66,67 dan siklus III sebanyak 80% masuk dalam kriteria baik. Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Hasil Belajar, Media Gambar Model CTL. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA TAHUN 2014/2015 AV - restricted ER -