?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+MODUL+PEMBELAJARAN+FISIKA+BERBASIS+MULTI+REPRESENTASI+PADA+MATERI+POKOK+SUHU+DAN+KALOR+&rft.creator=k+Zainuri%2C+Rendiyansah+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=+Fisika+merupakan+salah+satu+mata+pelajaran+yang+dapat+disampaikan+secara+multi+%0D%0Arepresentasi.+Namun%2C+untuk+menyampaikan+materi+fisika+secara+multi+representasi+%0D%0Adiperlukan+suatu+media+yang+tepat+yaitu+harus+sesuai+dengan+sumberdaya+yang+%0D%0Aada.+Hasil+observasi+sarana+dan+prasarana+di+SMA+Negeri+2+Punduh+Pedada%2C+%0D%0Adiketahui+bahwa++di+sekolah+tersebut+belum+memiliki+fasilitas+penunjang+kegiatan+%0D%0Apembelajaran+seperti+laboratorium+dan+perpustakaan.+Sedangkan+hasil+wawancara+%0D%0Adengan+guru+Fisika%2C+diperoleh+informasi+bahwa+kegiatan+pembelajaran+hanya+%0D%0Aberlangsung+di+dalam+kelas+dan+siswa+tidak+memiliki+buku+pelajaran+sebagai+%0D%0Amedia+pembelajaran.+Menindaklanjuti+masalah+tersebut+maka+diperlukan+suatu+%0D%0Amedia+yang+dapat+digunakan+sesuai+kondisi+sekolah+tersebut.+Salah+satu+media+%0D%0Apembelajaran+yang+dapat+menyampaikan+materi+secara+multi+representasi+namun+%0D%0Adapat+digunakan+secara+mandiri+oleh+siswa+dan+tidak+memerlukan+media+%0D%0Apenunjang+lainnya+adalah+modul.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+membuat+modul+%0D%0Apembelajaran+fisika+berbasis+multi+representasi+pada+materi+pokok+suhu+dan+kalor+%0D%0Auntuk+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+2+Punduh+Pedada.+Metode+penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+penelitian+dan+pengembangan+(Research+and+%0D%0ADevelopment)+yang+diadaptasi+dari+model+pengembangan+media+instruksional+%0D%0ASuyanto+dan+Sartinem+(2009).+Prosedur+pengembangan+modul+ini+meliputi%3A+%0D%0Aanalisis+kebutuhan%2C+identifikasi+sumberdaya+untuk+memenuhi+kebutuhan%2C+%0D%0Aidentifikasi+spesifikasi+produk+yang+diinginkan+pengguna%2C+pengembangan+produk%2C+%0D%0Auji+internal%3A+uji+kelayakan+produk%2C+uji+eksternal%3A+uji+kemanfaatan+produk+oleh+%0D%0Apengguna+dan+tahap+terakhir%2C+produksi.+Uji+internal+dilakukan+oleh+2+orang+ahli+%0D%0Ayaitu+ahli+desain+media+pembelajaran+dan+ahli+isi%2Fmateri.+Sedangkan+uji+satu+lawan+%0D%0Asatu+dilakukan+terhadap+2+orang+siswa+dan+uji+lapangan+dilakukan+terhadap+38+%0D%0Asiswa+kelas+X+SMA+Negeri+2+Punduh+Pedada.+Hasil+uji+internal+diperoleh+%0D%0Abeberapa+saran+perbaikan+dari+penguji+dan+setelah+dilakukan+perbaikan+sesuai+%0D%0Asaran-saran+dari+penguji%2C+modul+yang+dikembangkan+dinyatakan+layak+digunakan+%0D%0Asebagai+media+pembelajaran.+Hasil+uji+eksternal+menunjukkan+bahwa+kualitas+%0D%0Amodul+menarik%2C+mudah+digunakan%2C+bermanfaat+dan+efektif+digunakan+sebagai+%0D%0Amedia+pembelajaran+yaitu+mencapai+79%2C0%25+siswa+tuntas+KKM.+KKM+di+SMA+%0D%0ANegeri+2+Punduh+Pedada+sebesar+70.+Jadi%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+dihasilkan+%0D%0Amodul+pembelajaran+fisika+berbasis+multi+representasi+yang+telah+teruji+dan+layak+%0D%0Adigunakan+dengan+kualitas%3A+menarik%2C+mudah+digunakan%2C+bermanfaat%2C+dan+%0D%0Adinyatakan+efektif+digunakan+sebagai+media+pembelajaran.+%0D%0A+Kata+kunci%3A+modul%2C+multi+representasi+dan+pengembangan.+%0D%0A+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-11-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F5%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++k+Zainuri%2C+Rendiyansah+++(2013)+PENGEMBANGAN+MODUL+PEMBELAJARAN+FISIKA+BERBASIS+MULTI+REPRESENTASI+PADA+MATERI+POKOK+SUHU+DAN+KALOR.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1046%2F