%A 1113022006 Andreas Ardi Irawan %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR %X Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok suhu dan kalor untuk siswa kelas X. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dalam Sugiyono (2009). Prosedur pengembangan modul ini meliputi: potensi masalah, pengumpulan data untuk memenuhi kebutuhan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk meliputi, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk, revisi dan tahap terakhir, produksi. Setelah dilakukan uji coba lapangan modul pembelajaran yang dikembangkan menarik untuk digunakan dengan skor kemenarikan sebesar 3,21 selain itu modul tersebut mudah untuk digunakan dengan skor kemudahan sebesar 3,26, dan modul yang dikembangkan tersebut bermanfaat bagi siswa dengan skor kemanfaatan sebesar 3,42. Modul pembelajaran tersebut juga efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan tingkat efektifitas mencapai 91% siswa tuntas KKM. Selain itu data tersebut juga telah melalui perhitungan gain ternormalisasi, diperoleh rata-rata gain 0,70. Skor tersebut telah mencapai rata-rata skor 0,3