@misc{eprints1048, month = {Oktober}, title = {PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS VII SMPN 1 WAY TENONG TAHUN PELAJARAN 2012-2013 }, author = {ADE LESMANA Dedeng }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1048/}, abstract = { Prestasi belajar siswa di sekolah sering diindikasikan dengan permasalahan belajar siswa dalam memahami materi. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Way Tenong kelas VII, diketahui bahwa rata-rata prestasi belajar siswa masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran. Multimedia sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi sehingga dapat lebih memungkinkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah multimedia pembelajaran dapat meningkatkan prstasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun desain yang dipilih adalah pre-experimental designs (nondesign) dengan model one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah 29 siswa. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang dianalisis secara statistik menggunakan paired sample t test pada taraf kepercayaan 5\% melalui program SPSS 17. B Hasil penelitian menunjukan Ada perbedaan antara rata-rata prestasi belajar sebelum menggunakan multimedia pembelajaran dengan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : Mata Pelajaran IPS, Multimedia Pembelajaran, Prestasi Belajar. } }