%A 1113022021 Husnun Azizah %T STUDI IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI LABORATORIUM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING %X Pentingnya pengimplementasian scientific approach dalam pembelajaran sains di laboratorium telah disadari banyak pihak. Untuk itu telah banyak dilakukan sosialisasi dan pelatihan pengimplementasian scientific approach. Berbekal sosialisai dan pelatihan tersebut guru menerapkan scientific approach dalam pembelajaran sains di laboratorium, namun belum ada perhatian khusus mengenai kualitas pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pengimplementasian scientific approach dalam pembelajaran sains di laboratorium menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan, dan mendeskripsikan pengetahuan guru mengenai pengimplementasian scientific approach. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati pembelajaran yang dilakukan, menganalisis perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang digunakan guru serta melakukan tes khusus terhadap guru. Berdasarkan penelitian, diperoleh skor rata-rata keterlaksanaan pengimplementasian scientific approach dalam pembelajaran sains di laboratorium menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 2,48 dengan kategori kurang baik, kesesuaiaan perangkat pembelajaran yang digunakan guru adalah 2,62 dengan kategori baik, dan pengetahuan guru adalah 2,08 dengan kategori kurang baik. Kata kunci: laboratorium, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran sains, scientific approach. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10491