@misc{eprints10506, month = {Juni}, title = {PENGARUH KONSEP DIRI MELALUI AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUMIJAJAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113031035 ILHAM JATI PUSPA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10506/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri melalui aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 181 siswa dan sampel 125 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan uji t sedangkan hipotesis keempat menggunakan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri melalui aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar IPS Terpadu dan konsep diri ABSTRACT This study aims to determine the effect of self-concept through learning activities on learning outcomes Social Science Integrated eighth grade students of SMP Negeri 2 Tumijajar academic year 2014/2015. The method used in this research is descriptive approach verification of ex post facto and surveys. The population in this study amounted to 181 students and 125 students sampled using simple random sampling technique. Data were collected through questionnaires and observation. Hypothesis testing first, second and third using the t test while the fourth hypothesis using F test data analysis obtained the following results: (1) There is a positive and significant effect on the activity of self-concept class VIII student of SMP Negeri 2 Tumijajar academic year 2014/2015. (2) There is a significant and positive impact of learning activities on learning outcomes Social Science Integrated eighth grade students of SMP Negeri 2 Tumijajar academic year 2014/2015. (3) There is a positive and significant influence self concept on learning outcomes Social Science Integrated eighth grade students of SMP Negeri 2 Tumijajar academic year 2014/2015. (4) There is a positive and significant influence self concept through learning activities on learning outcomes Social Science Integrated eighth grade students of SMP Negeri 2 Tumijajar academic year 2014/2015. Keywords: learning activities, learning outcomes Social Science Integrated and selft-concept} }