%0 Generic %9 Other %A Hermawan, 0913053028 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10510 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/10510/ %X ABSTRAK PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH Oleh HERMAWAN Pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 3 Tempuran Lampung Tengah belum berlangsung sesuai yang diharapkan. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran role playing. Selain itu siswa kurang aktif dalam merespon materi yang diberikan guru. Siswa kurang antusias dalam bertanya, kurang antusias dalam menjawab pertanyaan, dan kurang antusias dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru dan aktivitas siswa siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dilihat dari aktivitas pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 51,07 kategori cukup aktif, meningkat 10,98 menjadi 62,05 dengan kategori aktif siklus II. Selanjutnya meningkat kembali sebesar 13,3 menjadi 75,35 dengan kategori aktif pada siklus III. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 56,79, meningkat 11,43 menjadi 68,21 pada siklus II dan meningkat kembali sebesar 6,43 menjadi 74,64 pada siklus III. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 50%, meningkat 21,43% menjadi 71,43% pada siklus II dan meningkat kembali sebesar 14,29% menjadi 85,71% pada siklus III. Kata kunci : Model role playing, aktivitas, hasil belajar PKn.