@misc{eprints1053, month = {September}, title = { HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JATI AGUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012 }, author = {FREDY AMRYANSYAH Saryono}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1053/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan lingkungan belajar di rumah dengan prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 3 Jati Agung tahun 2011-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yaitu penelitian yang menggambarkan hubungan antara kebiasaan belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 159 siswa. Sedangkan, sampel diambil dengan cara proportional random Sampling berjumlah 25\% yaitu sebanyak 40 siswa. Dengan analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara kebiasaan belajar di rumah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,711. (2) Ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara lingkungan belajar di rumah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,624. (3) Ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara kebiasaan belajar dan lingkungan belajar di rumah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,784. Kata kunci : kebiasaan belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar } }