title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA creator: Nike Yuni Winanti, 1113022038 subject: subject: LC Special aspects of education subject: QC Physics description: ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA Oleh Nike Yuni Winanti Pembelajaran fisika merupakan wahana bagi siswa untuk melakukan inkuiri dan menanamkan nilai-nilai sains. Melalui pendekatan nilai yang mengandung nilai-nilai sains diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan prinsip sains dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa, (2) sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quassy Experimental dengan desain Pre test-Post test Nonequivalent Control Group Design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 17.0 yaitu uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai sebesar 0,73 (kategori tinggi) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata-rata N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai lebih baik digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, serta dapat menumbuhkan sikap positif siswa. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, pendekatan nilai, hasil belajar. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-06-15 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/6/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/4/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/14/BAB%20I%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/15/BAB%20II%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/16/BAB%20III%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/18/BAB%20IV%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10530/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Nike Yuni Winanti, 1113022038 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/10530/