?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+METODE+INKUIRI+UNTUK+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+IV+SDN+2+METRO+PUSAT&rft.creator=Aji+Rhamadan%2C+1113053004&rft.subject=+&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.description=ABSTRAK%0D%0APENERAPAN+METODE+INKUIRI+UNTUK+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+IV+SDN+2+METRO+PUSAT%0D%0AOleh%0D%0AAJI+RHAMADAN%0D%0ABerdasarkan+hasil+pengamatan+dan+diskusi+dengan+guru+kelas+IV+SDN+2+Metro+Pusat+permasalahan+yang+timbul+dalam+proses+pembelajaran+khususnya+pada+mata+pelajaran+IPS+yaitu+rendahnya+hasil+belajar+siswa+yakni+20+dari+30+orang+siswa+belum+mencapai+nilai+ketuntasan+belajar+berdasarkan+KKM+yang+telah+ditentukan+yaitu+66.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPS+kelas+IV+SDN+2+Metro+Pusat+melalui+penerapan+metode+inkuiri.%0D%0AMetode+penelitian+ini+menggunakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK).+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+teknik+non+tes+dan+tes.+Alat+pengumpul+data+berupa+lembar+panduan+observasi+dan+soal+tes+formatif.+Teknik+analisis+data+berupa+analisis+kualitatif+dan+analisis+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+metode+inkuiri+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+siswa.+Hasil+belajar+afektif+siswa+pada+siklus+I+dengan+tingkat+ketuntasan+yakni+43%25+pada+siklus+II+menjadi+78%25+megalami+peningkatan+sebesar+35%25.+Hasil+belajar+psikomotor+siswa+pada+siklus+I+dengan+tingkat+ketuntasan+yakni+50%25+pada+siklus+II+menjadi+76.5%25+megalami+peningkatan+sebesar+26.5%25.+Hasil+belajar+kognitif+siswa+pada+siklus+I+rata-rata+60.3+pada+siklus+II+menjadi+73+megalami+peningkatan+rata-rata+26.7.%0D%0AKata+kunci%3A+metode+inkuiri%2C+hasil+belajar.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-06-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F20%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F12%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F11%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F17%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F18%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F19%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F15%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F16%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Aji+Rhamadan%2C+1113053004++(2015)+PENERAPAN+METODE+INKUIRI+UNTUK+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+IV+SDN+2+METRO+PUSAT.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10551%2F