%0 Generic %9 Other %A Aji Rhamadan, 1113053004 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10551 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/10551/ %X ABSTRAK PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 METRO PUSAT Oleh AJI RHAMADAN Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IV SDN 2 Metro Pusat permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS yaitu rendahnya hasil belajar siswa yakni 20 dari 30 orang siswa belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Metro Pusat melalui penerapan metode inkuiri. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I dengan tingkat ketuntasan yakni 43% pada siklus II menjadi 78% megalami peningkatan sebesar 35%. Hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I dengan tingkat ketuntasan yakni 50% pada siklus II menjadi 76.5% megalami peningkatan sebesar 26.5%. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I rata-rata 60.3 pada siklus II menjadi 73 megalami peningkatan rata-rata 26.7. Kata kunci: metode inkuiri, hasil belajar.