?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERLINDUNGAN+KONSUMEN+TERHADAP+KETERLAMBATAN%0D%0APENERBANGAN&rft.creator=Muhamad+Alfiansyah%2C+1012011056&rft.subject=+&rft.subject=KZ+Law+of+Nations&rft.description=ABSTRAK%0D%0APERLINDUNGAN+KONSUMEN+TERHADAP+KETERLAMBATAN%0D%0APENERBANGAN%0D%0AOleh%0D%0AMUHAMAD+ALFIANSYAH%0D%0ATerjadinya+suatu+keterlambatan+penerbangan+merupakan+sebuah+tanggung+jawab%0D%0Aperusahaan+maskapai+penerbangan%2C+dan+dalam+hal+terjadinya+suatu+keterlambatan%0D%0Apenerbangan+tentunya+terdapat+hak+konsumen+yang+tidak+terpenuhi+dalam+proses%0D%0Apengangkutan+udara%2C+untuk+itulah+harus+adanya+daya+dan+upaya+yang+penumpang%0D%0Amiliki+dalam+menghadapi+terjadinya+suatu+keterlambatan+penerbangan+agar+tidak%0D%0Aada+hak-hak+konsumen+yang+dikesampingkan+dan+tidak+dipenuhi.+Permasalahan%0D%0Adalam+penelitian+ini+adalah+bagaimanakah+peraturan+hukum+tentang+keterlambatan%0D%0Apenerbangan+(delay)+dan+bagaimanakah+tanggung+jawab+perusahaan+jika+terjadi%0D%0Asuatu+keterlambatan+penerbangan%2C+serta+bagaimanakah+upaya+hokum+penumpang%0D%0Ayang+mengalami+kerugian+akibat+terjadinya+suatu+keterlambatan+penerbangan%0D%0A(delay).%0D%0AJenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+normatif%2C+tipe+penelitian+adalah%0D%0Atipe+deskriptif%2C+pendekatan+masalah+yang+digunakan+adalah+pendekatan+normatif.%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+data+Sekunder+Pengumpulan+data+dalam+penelitian+ini%0D%0Adilakukan+melalui+studi+kepustakaan%2C+studi+dokumen%2C+dan+wawancara.+Data+yang%0D%0Adiperoleh+selanjutnya+akan+diolah+melalui+tahap-tahap+seleksi+data%2C+klasifikasi%0D%0Adata%2C+dan+sistematika+data.%0D%0ADengan+terjadinya+suatu+keterlambatan+penerbangan%2Ctentu+ada+hak+konsumen%0D%0Ayang+tidak+dipenuhi+dalam+proses+pengangkutan+udara%2C+untuk+itulah+harus+adanya%0D%0Aupaya+perusahaan+maskapai+penerbangan+lakukan+untuk+memenuhi+hak-hak%0D%0Apenumpang+tersebut+sesuai+peraturan+hukum+yang+ada%2C+yang+telah+diamanahkan%0D%0Adalam+Peraturan+Menteri+Perhubungan+Nomor+KM+25+tahun+2008+Tentang%0D%0APenyelenggaraan+angkutan+udara%2C+Undang-Undang+Nomor+1+Tahun+2009+Tentang%0D%0APenerbangan%2C+Peraturan+Menteri+Perhubungan+Nomor%3A+PM+77+Tahun+2011%0D%0ATentang+Tanggung+Jawab+Pengangkut+Angkutan+Udara%2C+Peraturan+Menteri%0D%0APerhubungan+Nomor+%3A+PM+49+Tahun+2012+Tentang+Standar+Pelayanan+Penumpang%0D%0AKelas+Ekonomi+Angkutan+Udara+Niaga+Berjadwal+dalam+negeri+dan+Undangundang%0D%0ANomor+8Tahun+1999+Tentang+Perlindungan+Konsumen.+Untuk+itu%0D%0Apenumpang+haruslah+bisa+melindungi+dirinya+untuk+dapat+memperoleh+setiap+hakhaknya%2C%0D%0Asebab+dalam+terjadinya+suatu+keterlambatan+penerbangan%2C+perusahaan%0D%0Amaskapai+penerbangan+bertanggung+jawab+atas+informasi+yang+jelas%2C+adanya%0D%0Apelayanan+petugas+maskapai+penerbangan%2C+adanya+kompensasi+yang+diberikan%0D%0Ahingga+ganti+rugi+dan+juga+hak-hak+konsumen+lainnya+sesuai+peraturan+hukum%0D%0Ayang+ada%2C+jika+hal+tersebut+tidak+diberikan+oleh+perusahaan+maskapai%0D%0Apenerbangan%2C+penumpang+berhak+untuk+menuntut+perusahaan+maskapai%0D%0Apenerbangan+dengan+menyelesaikannya+melalui+badan+penyelesaian+sengketa%0D%0Akonsumen+(BPSK)+atau+mengajukan+ke+badan+peradilan+di+tempat+kedudukan%0D%0Akonsumen.%0D%0AKata+kunci+%3APerlindungan%2C+Konsumen%2C+Keterlambatan%2C+Penerbangan.&rft.publisher=Fakultas+Hukum&rft.date=2015-06-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F3%2FMENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F5%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F4%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F6%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F16%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F8%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F10%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F11%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F14%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F13%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Muhamad+Alfiansyah%2C+1012011056++(2015)+PERLINDUNGAN+KONSUMEN+TERHADAP+KETERLAMBATAN+PENERBANGAN.++Fakultas+Hukum%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10557%2F