%A 1113021034 Hani Ervina Pansa %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar lampung Semester Genap T.P 2014/2015) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem-based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan desain posttest only control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 326 siswa yang komunikasi matematis rendah dan terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-G dan VII-H yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran PBL efektif dan lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisis data bahwa pencapaian proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi mate-matis baik mencapai lebih dari proporsi yang telah ditetap?kan yaitu 0,5. Selain itu, pencapaian proporsi siswa model PBL yang memi?liki kemampuan komunikasi mate?ma?tis baik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa model konvensional. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10591