@misc{eprints10623, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Darul Istiqomah Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015)}, author = {0743021004 Ali Afandi}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10623/}, abstract = {Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa secara maksimal untuk menemukan konsep dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Aktivitas ini mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Darul Istiqomah Mataram Baru Lampung Timur. Sampel penelitian siswa kelas VIIb yang diambil secara cluster random sampling. Data aktivitas belajar diperoleh melalui pengamatan langsung oleh observer sedangkan data pemahaman konsep matematis diperoleh melalui test tertulis pemahaman konsep matematis materi pokok himpunan. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan kontekstual berpengaruh positif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Darul Istiqomah Mataram Baru Lampung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: pendekatan kontekstual, aktivitas belajar, kemampuan pemahaman konsep matematis} }