%A 1113053069 Mentari Intan Rifani %T HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 RAJABASA RAYA KECAMATAN RAJA BASA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah dan disiplin belajar yang kurang pada siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Kecamatan Raja Basa Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung= 0,819 yang berarti korelasi tersebut positif. Selain itu, lebih besar dari atau 8,624 > 1,701 sehingga, H0 ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Kecamatan Raja Basa Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar siswa. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10641