TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10647 UR - http://digilib.unila.ac.id/10647/ A1 - Dian Maharani, 1113021021 Y1 - 2015/06/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self concept siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam lima belas kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah one group pretest posttes design. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model problem based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, namun tidak efektif untuk meningkatkan self concept siswa. Selain itu, persentase siswa tuntas belajar setelah mengikuti model problem based learning sama dengan 60% jumlah siswa. Kata kunci: berpikir kreatif matematis, problem based learning, self concept. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA AV - restricted ER -