@misc{eprints10652, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN BROSUR TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE (Studi Eksperimental Semu Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Kemuning Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {0913024094 Feri Pernando}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10652/}, abstract = {ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN BROSUR TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE (Studi Eksperimental Semu Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Kemuning Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) Oleh Feri Pernando Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa dan aktivitas siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bukit Kemuning untuk siswa kelas X tahun pelajaran 2013/2014 ini merupakan studi eksperimental semu dengan desain pretest-postest kelompok tak ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi oleh siswa yang merupakan hasil belajar siswa, diperoleh dari pretest dan postest yang dianalisis menggunakan Uji U dan Uji-t pada taraf kepercayaan 5\%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar brosur yang dianalisis secara deskriptif. Diperoleh hasil penelitian, bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (39,94) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (19,76). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan baik indikator soal C1 (54,64\%), C2 (30,04\%) dan C4 (41,89\%). Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada indikator mengajukan pertanyaan (55\%), memberikan ide/ pendapat (49\%), indikator berkomunikasi dalam kelompok (83\%), indikator bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok (64\%), dan menjawab pertanyaan (40\%). Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif, bahwa penggunaaan brosur memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan teman dan hanya sebagian kecil siswa (24,32 \%) saja yang merasa kesulitan berinteraksi dengan teman dalam proses pembelajaran. Sebagian besar siswa (94,59 \%) menyatakan lebih mudah memahami materi yang dipelajari melalui brosur, dan (91,89 \%) siswa juga menyatakan lebih mudah mengerjakan soal-soal setelah belajar melalui brosur. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar brosur dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa, dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci : Bahan Ajar Brosur, Aktivitas belajar, Penguasaan materi, Kingdom Plantae} }