%0 Generic %9 Other %A Amelia Susantika, 0853021005 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10653 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE %U http://digilib.unila.ac.id/10653/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dan think pair share (TPS). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam lima belas kelas. Sampel peelitian adalah siswa kelas X TAV 1 dan X TAV 2 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Analisis yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yaitu pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih tinggi dari TPS. Kata kunci : Pemahaman Konsep, TPS, TSTS.