@misc{eprints1067, month = {Juli}, title = {ANALISIS KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING}, author = {ELFIA ROZANA Fauzimar}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1067/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memprediksi dan mengkomunikasikan pada materi koloid dengan menggunakan model pembelajar- an problem solving untuk kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Bandar Lampung kelas XI IPA 4 semes- ter genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode pene- litian pre-eksperimen dengan design penelitian One Shot Case Study. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pada keterampilan mempredik- si untuk kelompok tinggi 100 \% siswa berkriteria sangat baik, untuk kelompok sedang 52,94 \% siswa berkriteria sangat baik, 41,18 \% siswa berkriteria baik, dan 5,88 \% siswa berkriteria cukup, dan untuk kelompok rendah 9,09 \% siswa berkri- teria sangat baik, 45,45 \% siswa berkriteria baik, 27,27 \% siswa berkriteria cukup, dan 18,18 \% siswa berkriteria kurang. Pada keterampilan mengkomunikasikan untuk kelompok tinggi 100 \% siswa berkriteria sangat baik, untuk kelompok se- dang 41,18 \% siswa berkriteria sangat baik dan 58,82 \% siswa berkriteria baik, dan untuk kelompok rendah 9,09 \% siswa berkriteria sangat baik, 45,45 \% siswa berkriteria baik, dan 45,45 \% siswa berkriteria cukup. Kata kunci : keterampilan memprediksi dan keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran problem solving, dan kelompok kognitif.} }