@misc{eprints1068, month = {Maret}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA }, author = { FITRIA YULIZA Muhammad Pesi}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1068/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa pada materi koloid melalui penerapan model pem- belajaran problem solving untuk kelompok kognitif siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 tahun ajaran 2012/ 2013 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung berjumlah 45 siswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan mengelompokan pada: kelompok tinggi 87,50\% siswa berkriteria sangat baik dan 12.50\% siswa berkriteria baik; kelompok sedang 34,78\% siswa berkriteria sangat baik dan 64,22\% siswa berkriteria baik; kelompok rendah 7,14\% siswa berkriteria sangat baik, 28,57\% siswa berkriteria baik, dan 64,29\% siswa berkriteria cukup. (2) Penguasaan konsep pada: kelompok tinggi 75\% siswa berkriteria sangat baik dan 25,00\% siswa berkriteria baik; kelompok sedang 26,68\% siswa berkriteria sa- ngat baik, 69,59\% siswa berkriteria baik, dan 4,35\% siswa berkriteria cukup; ke- lompok rendah 7,14\% siswa berkriteria sangat baik, 35,72\% siswa berkriteria baik dan 57,14\% siswa berkriteria cukup. Kelompok tinggi memiliki keterampilan me- ngelompokan dan penguasaan konsep lebih tinggi daripada kelompok sedang dan rendah. Kata kunci : problem solving, mengelompokan, penguasaan konsep, kelompok tinggi, kelompok sedang, kelompok rendah } }