title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA creator: Muhammad Pesi, FITRIA YULIZA subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa pada materi koloid melalui penerapan model pem- belajaran problem solving untuk kelompok kognitif siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 tahun ajaran 2012/ 2013 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung berjumlah 45 siswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan mengelompokan pada: kelompok tinggi 87,50% siswa berkriteria sangat baik dan 12.50% siswa berkriteria baik; kelompok sedang 34,78% siswa berkriteria sangat baik dan 64,22% siswa berkriteria baik; kelompok rendah 7,14% siswa berkriteria sangat baik, 28,57% siswa berkriteria baik, dan 64,29% siswa berkriteria cukup. (2) Penguasaan konsep pada: kelompok tinggi 75% siswa berkriteria sangat baik dan 25,00% siswa berkriteria baik; kelompok sedang 26,68% siswa berkriteria sa- ngat baik, 69,59% siswa berkriteria baik, dan 4,35% siswa berkriteria cukup; ke- lompok rendah 7,14% siswa berkriteria sangat baik, 35,72% siswa berkriteria baik dan 57,14% siswa berkriteria cukup. Kelompok tinggi memiliki keterampilan me- ngelompokan dan penguasaan konsep lebih tinggi daripada kelompok sedang dan rendah. Kata kunci : problem solving, mengelompokan, penguasaan konsep, kelompok tinggi, kelompok sedang, kelompok rendah publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-03-16 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/2/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/5/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/7/BAB%20I%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/11/BAB%20V%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1068/13/LAMPIRAN.zip identifier: Muhammad Pesi, FITRIA YULIZA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1068/