%A 1323031024 Sanun %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA %X ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan karena kekhawatiran peneliti mengenai kualitas pembelajaran yang dilakukan guru di kelas yang kurang intensif dalam hal memberikan pelajaran, selain itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan berfikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode desain kuasi eksperimen dengan menggunakan model rancangan nonequivalent group pre-test post-test design. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B SD Negeri 2 Totoharjo Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Pemilihan kelas eksperimen yaitu di kelas IV A sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol yaitu di kelas IV B sebanyak 31 siswa. Sedangkan instrument penelitian meliputi lembar observasi pelaksanaan proses pembelajaran, tes tertulis, serta dokumentasi. Dari hasil data statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif anak yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Model Inkuiri pada kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran Model Inkuiri. Hal tersebut akan sangat membantu siswa dalam beraktivitas serta mencari pengetahuan atau pemahaman untuk memuaskan rasa ingin tahu sehingga siswa akan menjadi pemikir kritis dan kreatif yang mampu memecahkan berbagai masalah. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berfikir Kritis dan Berfikir Kreatif ABSTRACT This study was done beause of the writer?s worry about the quality of learning done by the teachers in the classroom was less intensive, besides that the purpose of this study is to get the description of the influence of problem based learning implementation towards student?s critical and creative thingking ability in social studies lesson in the grade fourth of Elementary School. This study used kuasi experiment design by using nonequivalent group pre-test post-test design. The object of this study was the students in clas IV A and class IV B in Totoharjo 2 Elementary School, subdistrict Bakauheni, South of Lampung academic year 2014 / 2015. For the experiment class was class IV A which used Problem Based Learning while class IV B used Inquiry Learning. The number of students in class IV A were 31 and in class IV B were 31. The instrument of this study used observation sheet in teaching learning process, written test and documentation. From the results of the statistical data shows that there are significant differences between critical thinking skills and creative thinking of children who use the Problem Based Learning in class experiments with the Inquiry Learning on class control. Critical and creative thinking skills of children who use the Problem Based Learning has increased very significantly compared to using Inquiry Learning . This will greatly help the students in their activities and seeking knowledge or understanding to satisfy curiosity so that students will become critical and creative thinking who are able to solve various problems. Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking and Creative Thinking %D 2015 %I Universitas Lampung %L eprints10693