TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10697 UR - http://digilib.unila.ac.id/10697/ A1 - NUR RAFIANA, 1113053083 Y1 - 2015/06/22/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 10 Metro Timur yang diperoleh dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model explicit instruction. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya berisi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas dan untuk data hasil belajar menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model explicit instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SD 10 Metro Timur. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,25 persentase siswa aktif sebesar 63,64% meningkat pada siklus II sebesar 83,75 persentase siswa aktif sebesar 90,90%. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 71,73 mengalami peningkatan sebesar 8,47 pada siklus II menjadi 80,20. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model explicit instruction. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 10 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -