title: Pengaruh Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP creator: Nur Aziz Rahmat Putra, 1113022041 subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Abstract This research was a quasi-experimental research which has the aimed to determine (1) the influence of science process skills toward science concepts understanding; (2) the influence of scientific attitudes toward science concepts understanding; and (3) the influence of science process skills and scientific attitudes toward science concepts understanding. This research was implemented in class VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak school year 2014/2015 with the design study was a one-shot case study. Based on the results of research and discussion, we concluded that (1) there was no significant relationship between science process skills toward science concept understanding; (2) there was a significant and positive effect between the scientific attitudes toward science concept understanding with a coefficient of determination of 65.4%; and (3) there was a significant and positive influence between science process skills and scientific attitudes toward science concept understanding with a coefficient of determination of 66.5%. Abstrak Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui (1) penga¬ruh keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep IPA; (2) pengaruh sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA; dan (3) pengaruh keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak tahun pelajaran 2014/2015 dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep IPA; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA dengan koefisien determinasi sebesar 65,4%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA dengan koefisien determinasi sebesar 66,5%. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-06-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/1/2.%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/2/3.%20Cover%20Dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/3/4.%20Hal%20Persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/4/5.%20Hal%20Pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/5/6.%20Pernyataan%20Skripsi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/6/7.%20Riwayat%20hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/7/8.%20Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/8/9.%20Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/9/10.%20Sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/10/11.%20Daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/11/12.%20Daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/12/13.%20Daftar%20gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/13/14.%20Daftar%20Lampiran.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/14/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/15/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/16/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/17/BAB%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/18/BAB%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10713/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Nur Aziz Rahmat Putra, 1113022041 (2015) Pengaruh Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/10713/