%0 Generic %A Lasimin , Nanik Susanti Pravitasari %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1072 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP %U http://digilib.unila.ac.id/1072/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran pro- blem solving disertai media animasi pada materi larutan non-eletrolit dan elektrolit da- lam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Popu- lasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diper- oleh kelas X 3 dan X 5 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks- perimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan rata-rata n-Gain dan uji perbedaan dua rata-rata, yakni uji t untuk keterampilan me- nyimpulkan dan uji t’ untuk penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,37 dan 0,43; dan rata-rata n- Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut ada- lah 0,19 dan 0,27. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh bahwa siswa di kelas yang dite- rapkan pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi memiliki keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bah- wa pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, media animasi, keterampilan menyimpulkan, penguasaan konsep,